0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tips Merayakan Ulang Tahun Anak

Pesta ulang tahun anak. (dok: timlo.net/ sheknows.com )

Timlo.net—Pesta ulang tahun mirip dengan perjalanan wisata. Sampai ke tempat tujuan barulah setengah dari perjuangan. Memutuskan tema pesta, dekorasi dan aktivitas permainan adalah bagian dari perayaan ulang tahun itu sendiri. Anak-anak akan merasa bahagia dengan sebuah pesta kecil selama mereka merasa istimewa. Tapi sebuah pesta ulang tahun sederhana tetap perlu perencanaan. Berikut ini tips mempersiapkan pesta ulang tahun untuk anak Anda dilansir dari marthastewart.com:

Rencanakan lebih dulu

Mulailah merencanakannya enam minggu sebelum hari ulang tahun. Jadwalkan apa yang Anda lakukan setiap minggunya untuk mempersiapkan pesta itu. Misalnya minggu pertama, Anda mulai memilih tema pesta yang disukai si kecil.

Daftar Undangan

Pertimbangkan usia dan aktivitas permainan saat menentukan siapa yang diundang dan bentuk undangannya. Jika anak Anda sudah sekolah atau masuk taman kanak-kanak, maka undanglah semua teman sekelasnya. Hal ini untuk menghindari rasa sakit hati karena ada yang merasa tidak diundang. Jika anak Anda belum sekolah, Anda bisa mengundang anak-anak seusianya di lingkungan rumah.

Pilih tempat

Anda bisa mengadakan pesta di rumah atau di tempat lain. Jika diadakan di rumah, tentukan area yang akan digunakan untuk pesta ulang tahun. Karena tamu undangan adalah anak-anak, pertimbangkan keamanan dan keselamatan anak-anak. Jika pesta diadakan di luar rumah, biaya sewa tempat dan lain-lain tentunya menjadi pertimbangan. Anda sebaiknya sudah menentukan dan memesan tempat enam minggu sebelum pesta dimulai.

Waktu pesta

Pemilihan waktu haruslah tepat sehingga anak-anak tidak terlalu ngantuk atau terlalu lapar saat pesta. Untuk anak bayi, pesta bisa diadakan setelah tidur siang. Untuk anak-anak yang belum sekolah, waktu makan siang bisa menjadi pilihan tepat untuk mengadakan pesta. Jika anak lebih tua, waktu diadakan pesta mungkin tidak begitu sulit untuk ditentukan. Durasi pesta juga penting. Untuk anak bayi, pesta ulang tahun selama satu jam sudahlah cukup. Untuk anak-anak yang lebih tua, 1-1,5 jam adalah waktu ideal.

Aktivitas pesta

Anak-anak kecil butuh hiburan. Oleh karena itu, orang tua sebaiknya mempersiapkan hiburan dan permainan untuk anak mereka dan tamu undangan. Durasi permainan atau hiburan itu cukup 30 menit supaya anak-anak tidak bosan dan kelelahan. Untuk anak bayi atau yang lebih tua, pilihlah permainan sederhana yang pernah mereka mainkan. Lalu 15 menit untuk makan, 15 menit untuk memotong dan makan kue. Serta 15 menit untuk memberikan dan membuka kado. Untuk anak-anak yang lebih tua, permainan dan hiburan bisa dibuat lebih kompleks. Anda juga bisa mempertimbangkan menyewa badut atau pembawa acara khusus pesta ulang tahun.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge