0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tindak Indisipliner PNS Solo, dari Mbolos hingga Selingkuh

Kantor Inspektorat Kota Solo (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Sebagian besar pelanggaran yang dilakukan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS di Kota Solo rata-rata adalah tindak indisipliner seperti membolos atau ‘mangkir’ dari beban kerja. Sepanjang 2017 ini, ada sekitar 20-an PNS  yang melakukan tindakan indisipliner tersebut.

“Sebagian besar didominasi tindakan mangkir atau tidak masuk kerja. Tapi ada juga seperti kasus perselingkuhan yang dilakukan oknum ASN pada akhir September lalu,” terang Sekretaris Inspektorat Kota Solo, Gesang Prihanto, Rabu (1/11).

Terkait penindakan yang dilakukan terhadap ASN yang melakukan tindak indisipliner, kata Gesang, akan dikategorikan berdasarkan tingkat pelanggaran. Jika tindakan pelanggaran yang dilakukan tergolong kategori berat maka akan ditindaklanjuti secara serius. Akan tetapi, jika tergolong ringan cukup teguran dari pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

“Biasanya kalau ringan, seperti mangkir, bolos atau tidak bekerja sesuai aturan akan mendapat teguran dari pimpinan OPD. Jika masih nekat akan kita naikkan ke tingkat lebih tinggi,” jelasnya.

Selain mangkir dari tugas, lanjutnya, tindak pelanggaran yang dilakukan oleh oknum ASN adalah perselingkuhan. Di tahun ini, ada dua kasus perselingkuhan yang disoroti oleh pihak Inspektorat.

“Paling berat kasus perselingkuhan. Kasus yang lain mangkir atau bolos masuk kerja,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge