0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cacat Pada Program WhatsApp Bisa Digunakan Untuk Matai-Matai Pengguna

WhatsApp. (dok: timlo.net/ ubergizmo. )

Timlo.net—Aplikasi WhatsApp memiliki fitur yang mengizinkan Anda tahu saat seseorang online atau kapan terakhir kali dia online. Akan tetapi, fitur ini ternyata bisa digunakan untuk mematai-matai orang. Mereka bisa tahu dengan siapa seseorang chat dan bahkan pola tidur mereka, Ubergizmo.

Hal ini diungkap dalam tulisan terbaru teknisi software Rob Heaton. Dia menemukan sebuah cacat program pada WhatsApp. Cacat itu bisa digunakan untuk mematai-matai orang lain. Menurut Rob, dia membayangkan bagaimana seseorang bisa menciptakan ekstensi Chrome dan menggunakannya untuk mengawasi status online kontak pada WhatsApp untuk web.

Berdasarkan hal ini, seseorang bisa mengumpulkan data soal pola tidur seseorang. Juga dengan siapa mereka chat berdasarkan status offline/online mereka. WhatsApp mengizikan pengguna menyembunyikan status terakhir mereka. Tapi sekalipun demikian, pengguna akan terlihat online saat mereka online. Hal inilah yang dimanfaatkan untuk melacak aktivitas mereka.

Hal ini bukanlah cacat keamanan, tapi Rob berkata jika data itu bisa dikumpulkan oleh pihak ketiga. Lalu dijual kepada perusahaan lain untuk tujuan marketing. Belum diketahui apakah Facebook/ WhatsApp berencana untuk mengatasi hal ini.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge