0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

160 Desa di Klaten Sudah Memiliki BUMDes

Aktivitas di kantor BUMDes Tirta Mandiri Ponggok, Klaten (dok.timlo.net/awijaya)

Klaten — Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan satu dari empat program prioritas Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT). Di Klaten, jumlah pembentukan BUMDes dari tahun ke tahun semakin bertambah.

“Jumlah keseluruhan desa di Klaten itu ada 391 desa. Dari jumlah itu, sekarang sudah ada sekitar 160 BUMDes,” ujar perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermasdes) Klaten, Muhammad Mujab, Senin (30/10).

Menurut Kepala Seksi (Kasi) Pengembangan Ekonomi Masyarakat dan Jaringan Penanggulangan Kemiskinan Bidang Pengembangan Sumber Daya Alam, Teknologi Tepat Guna dan Ekonomi Masyarakat Dinpermasdes ini, pembentukan BUMDes terbanyak terjadi pada tahun ini.

Dari 160 BUMDes tersebut, lanjut dia, tahun ini meningkat hampir tiga kali lipat dibandingkan tahun 2016 sebanyak 60 BUMDes. Bahkan beberapa kecamatan seperti Bayat dan Karanganom membentuk konsorsium BUMDes Bersama.

“Mulai dari BUMDes rintisan, mengelola toko desa, membikin pasar desa, membuat kolam renang, dan banyak juga yang bergerak di simpan pinjam,” papar Mujab.

Selain BUMDes, tiga program unggulan Kemendes PDTT lainnya dalam upaya percepatan pembangunan desa meliputi Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades), membangun embung air desa, dan membangun sarana olahraga desa.

“Seiring bergulirnya Dana Desa, pembentukan BUMDes ini sesuai dengan Peraturan Menteri Desa (Permendes) Nomor 4 Tahun 2015 tentang Pendirian, Pengurusan, Pengelolaan dan Pembubaran BUMDes,” imbuhnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge