0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Samsung Ubah 40 Galaxy S5 Menjadi Alat Tambang Bitcoin

Alat tambang bitcoin Samsung. (dok: timlo.net/ ubergizmo. )

Timlo.net—Samsung Galaxy S5 dirilis pada 2014. Sekarang ini, smartphone itu dianggap smartphone kuno. Akan tetapi, sekalipun kuno, masih ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari smartphone itu. Terutama untuk menambang bitcoin.

Sebagai bagian dari program “Upcycling” yang dibuat Samsung, perusahaan itu membuat alat tambang bitcoin dari 40 Galaxy S5. Alat tambang itu ditenagai oleh sistem operasi yang dimodifikasi Samsung khusus untuk program itu. Perusahaan itu jelas tidak berencana menjual atau mendorong pengguna melakukan hal yang sama. Samsung hanya ingin menunjukkan jika ada manfaat lain dari smartphone lama kita selain dibuang, tulis Ubergizmo.

Sayangnya detil tentang alat tambang itu tidak begitu jelas. Samsung menolak menjawab pertanyaan khusus terkait alat itu. Akan tetapi, mereka menyatakan jika delapan Galaxy S5 bisa menambang bitcoin dengan efisiensi tenaga yang lebih besar. Lebih efisien dibandingkan komputer biasa.

“Hal terbaik untuk planet ini adalah jika Anda memanfaatkan perangkat lama Anda sebanyak mungkin. Ada korelasi langsung antara nilai pasar bekas dan keberlangsungan lingkungan. [Samsung] ingin mempertahankan nilai perangkat mereka dalam jangka panjang,” ujar CEO iFixit Kyle Wiens.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge