0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Aplikasi iOS Dengan Izin Akses Kamera Bisa Rekam Pengguna Kapan Saja

apple store
Apple Store. (Dok: Timlo.net/ iTunes.)

Timlo.net—Saat kita menginstal atau membuka aplikasi tertentu untuk pertama kalinya, kita akan melihat daftar izin apa saja yang bisa dilakukan aplikasi itu. Misalnya apakah aplikasi itu boleh mengakses aplikasi kamera dan lain-lain. Jika aplikasi itu adalah aplikasi komunikasi atau foto, maka izin akses kamera adalah hal wajar. Tapi untuk aplikasi iOS, hal ini tidaklah seaman yang kita pikirkan.

Menurut teknisi Google Felix Krause dilansir dari Ubergizmo, ada sebuah penemuan mengejutkan. Begitu kita memberikan izin sebuah aplikasi iOS untuk mengakses kamera, aplikasi itu bisa merekam pengguna kapan saja tanpa sepengetahuan atau seijin pengguna. Walaupun untuk melakukannya, aplikasi itu harus terbuka saat merekam.

Sebagai contohnya, Anda menggunakan aplikasi chat dengan fitur video call. Aplikasi itu meminta izin mengakses kamera saat pertama kali diinstal. Felix mengungkap saat Anda membuka aplikasi chat itu untuk chatting dengan orang lain dan bukan untuk video chat. Aplikasi itu (atau seorang hacker) bisa merekam Anda dengan kamera tanpa sepengetahuan Anda.

Felix mendemonstrasikan hal itu dalam sebuah video. Lantas apa yang harus dilakukan pengguna untuk mengatasinya? Felix berkata pengguna bisa melakukan sejumlah hal. Misalnya mematikan akses aplikasi ke kamera. Tapi hal ini bisa menghalangi aplikasi lain sehingga tidak bisa bekerja dengan sempurna. Anda juga bisa menutupi kamera depan atau belakang iPhone. Cara ini memang aneh, tapi itulah salah satu pilihan yang ada. Paling tidak sampai Apple memutuskan mengatasi masalah ini.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge