0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Peduli Lingkungan, Puluhan Difabel Gelar Aksi Tanam Pohon

Peringati Hari Difabel Internasional dan Sumpah Pemuda, kalangan difabel gelar aksi tanam pohon. (foto: Tarmuji)

Wonogiri – Puluhan penyandang disabilitas di Wonogiri menggelar aksi tanam pohon, Sabtu (28/10). Kegiatan sosial dalam rangka memperingati Hari Difabel Internasional yang bersamaan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda ini juga sebagai bukti kalau kaum difabel juga memiliki rasa kepedulian terhadap lingkungan.

“Kegiatan ini melibatkan 50 orang penyandang disabilitas yang ada di Wonogiri,” beber Kepala Dinsos Wonogiri Suwartono saat dikonfirmasi Timlo.net.

Menurut dia, aksi tanam pohon kali ini dilakukan di Bukit Jonambang Desa Watuagung Kecamatan Baturetno merupakan aksi kali kedua. Tahun lalu, kalangan disabilitas dilibatkan dalam aksi serupa di gunung Tekil, Sembukan, Paranggupito.

Meski para penyandang cacat harus berjalan menanjak menuju bukit lokasi yang jaraknya sekitar satu kilometer. Satu-persatu para kaum difabel ini melakukan penanaman pohon dengan menggali tanah.

Mereka dengan susah payah mencangkul tanah yang akan ditanami pohon. Meski demikian mereka tetap semangat.

Mereka berharap dengan aksi penanaman pohon resiko bencana alam seperti tanah longsor dan banjir dapat dicegah.

foto: Tarmuji

“Justru mereka senang sekali bisa ikut berpartisipasi,” bebernya.

Sementara itu, Kasie Rehab Sosial Dinsos Wonogiri, Noer Nugrohowati menambahkan, aksi tanam pohon kali ini sebanyak 3.000 batang. Sedang jenis pohon yang ditanam berupa pohon nangka, kluwak, gembilina, sengon dan pohon cempaka.

Dia menambahkan, kegiatan itu merupakan melibatkan sejumlah instansi seperti BPBD, BPDASHL Surakarta, PPRBM Surakarta, BPD Jateng dan Kecamatan Baturetno serta KarangTaruna Bukit Jonambang desa setempat.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge