0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

DLH Cek Limbah PT RUM, Ini Hasilnya

Warga mengungsi karena tidak tahan bau limbah pabrik (dok.timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukoharjo bersama Satpol PP dan Muspika Kecamatan Nguter mendatangi PT RUM yang diduga sebagai sumber bau yang dikeluhkan warga di empat desa. Petugas mengabil sampel air limbah untuk dilakukan pengujian di laboratorium.

“Kita menerima surat aduan dari warga dan langsung menindaklanjuti dengan melakukan pengecekan dan indikasi limbah dari PT RUM. Kita ambil sampel air limbah dan akan kita uji di lab, selain itu kita minta agar PT RUM segera memperbaiki kondisi ini,” kata Kasi Peningkatan Kualitas Lingkungan Hidup DLH Sukoharjo, Purwanto Adi Nugroho, Rabu (25/10).

DLH bersama rombongan dan perwakilan warga Desa Gupit melakukan pengecekan saluran pembuangan limbah di dua titik. Setelah melakukan audiensi dengan pihak perusahaan, DLH juga melekukan pemeriksaan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) yang masih dalam tahap uji coba sebelum secara resmi melakukan produksi.

Sementara itu dari pihak PT RUM menyatakan pabrik saat sedang dalam tahap ujicoba bahan baku dengan menggunakan sejumlah bahan kimia yang disalurkan ke saluran pengelolaan limbah. Dan ujicoba dihentikan karena ternyata memang menimbulkan bau menyengat, kemudaian dilakukan perbaikan mesin namun belum dilakukan ujicoba lagi.

“Terkait bau memang mesin belum sempurna dan masih ada trouble, dan kemarin kita hentikan untuk dilakukan perbaikan. Saat ini belum jalan lagi, kita bisa cek lokasi pengelolaan limbah seperti apa dan saya harpa sudah tidak ada bau,” tandas General Manager SDM PT RUM, Hariyo Ngadiyono.

Diakuinya, tidak hanya warga saja sejumlah karyawan juga sempat mengalami pusing karena bau yang ditimbulkan saat ujicoba pengoperasian mesin produksi dan pengolahan limbah. Pihak PT RUM menjanjikan akan segera mentasi persoalan yang menimpa warga agar tidak berlarut-larut.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge