0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Proyek Balon Loon Google Pulihkan Internet di Puerto Rico

Proyek Loon Google. (dok: timlo.net/ ubergizmo. )

Timlo.net—Badai Maria menyebabkan kerusakan yang besar di Puerto Rico. Sudah beberapa minggu sejak badai itu menghampiri pulau itu. Sekarang Puerto Rico tidak memiliki listrik, air dan konektivitas internet. FCC baru-baru ini mengizinkan Google menerbangkan balon-balon dari Proyek Loon LTE ke Puerto Rico. Balon-balon itu telah memulihkan konektivitas internet di pulau itu.

Alphabet, induk perusahaan Google berkata jika balon-balon itu menyediakan akses internet ke wilayah-wilayah terpencil di Puerto Rico. Balon-balon itu tidak menyediakan internet dari dalam balon. Mereka terhubung dengan layanan jaringan seluler untuk menyediakan koneksi internet, tulis Ubergizmo.

Balon-balon itu terbang 18 ribu meter dari atas pulau. Alphabet mengkonfirmasi jika mereka akan menerbangkan lebih banyak balon untuk memperbaiki jaringan komunikasi di pulau itu. Inilah pertama kalinya Alphabet menggunakan algoritma mesin pembelajaran mereka supaya balon-balon itu tetap terbang di Puerto Rico.

“Kami masih belajar cara terbaik melakukan hal ini,” kata Alastair Westgarth, kepala Proyek Loon. Dia menambahkan timnya menjadi lebih paham mengenai perubahan angin di wilayah itu. Mereka berusaha mengarahkan balon-balon di area yang membutuhkan koneksi internet selama mungkin.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge