0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Polri Bertemu Kepolisian Negara-negara MSG

(merdeka.com)

Timlo.net – Polri melakukan pertemuan dengan negara yang berada di kawasan Melanesia atau The Melanesian Spreadhead Group (MSG). MSG ini terdiri dari empat negara kepulauan yakni Fiji, Papua Nugini, Kepulauan Solomon, dan Vanatu. Pertemuan ini dilakukan untuk memperkuat kerja sama RI dengan negara MSG.

“Indonesia merupakan anggota MSG. ‎Ini merupakan pertemuan lanjutan setelah ada juga di Fiji, dan Jakarta beberapa waktu lalu. Karena kita anggap bahwa perlu kerja sama dengan kepolisian negara-negara tetangga dengan lebih erat baik Asean dan negara interpol dan juga menganggap penting negara pasifik,” kata Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian di Kota Bandung, Senin (23/10).‎

“Kerja sama ini penting dilakukan karena dunia saat ini sudah semakin terbuka dengan adanya internet. Banyak sekali kejahatan-kejahatan lintas negara seperti narkotika, terorisme, radikalisme,” tambahnya.

Selain kerja sama untuk menangani kejahatan transaksional yang kerap disoroti seperti narkotika, penyelundupan manusia dan senjata serta terorisme, keanggotaan MSG ini juga menawarkan berbagai pengalaman dari internal polisi masing-masing.

Menurutnya, kerja sama ini menghasilkan adanya beberapa kepolisian Fiji yang mengikuti pelaksanaan pendidikan dan staf khusus yang berkenaan dengan pengembangan manajemen Polri. Dalam tugas dan pokoknya sendiri penyelenggaraan Sespim Polri yakni untuk pembentukan dan mengembangkan berdasarkan jenis pendidikan Polri.

“‎Dari Fiji beliau mewakili kepolisian Fiji. Ada beberapa orang ikuti Sespim. Dari assesment Fiji yang ikut Sespim Polri mereka memiliki kemampuan leadership baik di sana,” ujarnya.

Pertemuan MSG ini bakal dilaksanakan dua hari mulai Senin 23 -24 Oktober 2017 di Hotel Sheraton, Dago, Kota Bandung. Hadir beberapa delegasi dan kepolisian dari negara-negara tersebut diantaranya dari Fiji Ministry of Defence and National Security Vanvasa Vono, dari Papua Nugini Director Legal Service PNG Polce Hodges A Ette dan delegasi lainnya.

[fik]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge