0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Begini Cara Pampampres Gadungan Tipu Pemilik Rumah Makan

Tersangka Edi Prasojo tertunduk malu saat dimintai keterangan polisi (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo —  Niat tipu-tipu yang dilakukan Edi Prasojo (39) warga Pati yang mengaku sebagai anggota Paspampres, muncul setelah membaca pemberitaan perhelatan mantu Presiden Joko Widodo (Jokowi). Waktu itu, tersangka membaca sebuah koran bahwa pesta pernikahan Kahiyang Ayung-Boby Nasution tanggal 8 November bakal melibatkan ribuan personel aparat gabungan.

“Saya tahunya dari koran saat perjalanan dalam bus. Saat itulah, ide saya muncul untuk membuat aksi penipuan tersebut,” terang tersangka, Edi Prasojo, saat rilis kasus di Mapolresta Solo, Senin (23/10) siang.

Usai membaca berita tersebut, dia lalu mencari taksi untuk mengantarkan ke sejumlah warung makan terkemuka di Kota Solo. Sejumlah rumah makan yang didatangi tersangka mulai dari Sate Pak Dahlan, Banjarsari; Adem Ayem Jl Slamet Riyadi dan masih banyak yang lain. Tak hanya itu, tersangka juga melancarkan aksinya ke sejumlah rumah makan yang ada di Kawasan Sragen, Karanganyar hingga Sukoharjo.

“Saya memanfaatkan penyelenggaraan hajatan Pak Jokowi dengan membohongi pemilik rumah makan, bahwa saya seorang Paspampres berpangkat Letkol. Lalu, mengatakan kalau makanan mereka cocok untuk petugas yang menjaga keamanan acara tersebut. Lalu saya suruh ke hotel, dan HP nya mau saya pasangi GPS. Setelah hp ditangan saya, saya kabur,” katanya.

Sejumlah handphone hasil kejahatan tersangka sudah berhasil dijual. Tersangka berdalih, jika handphone hasil kejahatan itu digunakan menyambung hidup. Apapun itu, Polisi telah meringkus tersangka dan menjerat dengan Pasal Pasal 378 dan Pasal 372 KUHP tentang Penipuan dengan ancaman hukuman maksimal empat tahun penjara.

“Tersangka berhasil ditangkap disebuah penginapan di Kawasan Tanah Abang, Jakarta. Dia ditangkap untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya,” tegas Kapolresta Solo AKBP Ribut Hari Wibowo.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge