0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

ICW Kritik Pembentukan Densus Tipikor

ilustrasi (merdeka.com)

Timlo.net – Mabes Polri diminta untuk mengkaji pembentukan Detasemen Tindak Pidana Korupsi (Densus Tipikor). Densus Tipikor disarankan lebih baik fokus pada kasus-kasus di internal Polri.

“Kalau Densus dibentuk fokusnya di internal, menangani kasus-kasus internal yang KPK enggak berani masuk,” kata Koordinator Divisi Monitoring Peradilan dan Hukum Indonesia Corruption Watch (ICW), Emerson Yuntho di Jakarta, Sabtu (21/10).

Selain membereskan institusi Polri dari oknum anggota yang korup, Densus Tipikor juga bisa memperkuat supervisi kasus korupsi yang mandek ditangani Polda atau Polres.

“Ini bagian memperkuat supervisi penanganan kasus yang selama ini ditangani di Polda atau Polres,” terangnya.

Pakar hukum tata negara Margarito Kamis setuju dengan usulan Emerson. Margarito mengusulkan agar Densus Tipikor berperan sebagai supervisor internal Polri yang bekerja pada proses penyidikan.

“Lalu percepatan di pikirkan juga kalau sampai dibentuk dia lebih kepada supervisor internal, terhadap penyidik Polri di polda-polda. Mungkin juga mengambil alih internal misalkan macet di Polda Palu, ambil ke pusat,” tukasnya.

[dan]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge