0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Menkop Buka Pelatihan Pemberdayaan Ekonomi Penyandang Disabilitas

Menkop Buka Pelatihan Pemberdayaan Ekonomi Penyandang Disabilitas (dok.timlo.net/heru murddhani)

Solo — Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga membuka pelatihan pemberdayaan ekonomi bagi perempuan dan penyandang disabilitas dalam era digital yang diselenggarakan Pemerintah Kota Solo, Sabtu (21/10). Pelatihan yang dilaksanakan di areal Solo Techno Park ini dimaksudkan untuk membantu penyandang disabilitas untuk bisa mandiri dan memiliki keahlian dalam bidang usaha.

“Ini adalah salah satu program prioritas Pemerintah Republik Indonesia. Dengan adanya pemberdayaan ekonomi, dikatakannya, akan berdampak pada lapangan kerja meningkat, angka pengangguran turun, dan angka kemiskinan juga mengalami penurunan,” papar Menteri Koperasi.

Menteri Puspayoga juga menekankan pentingnya pertumbuhan ekonomi, dengan metode pemberdayaan ekonomi rakyat. Dalam hal ini pemberdayaan ekonomi harus juga memberikan kesejahteraan dan pemerataan, tak terkecuali bagi penyandang disabilitas.

Sementara Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo mengatakan, program ini sejalan dengan harapan dan tujun pemerintah kota untuk mewujudkan masyarakat yang waras, wasis, wareg, mapan, dan papan. Kegiatan pemberdayaan ekonomi bagi perempuan dan penyandang disabilitas, ini tentu saja harus mendapatkan dukungan dari pemerintah pusat.

Walikota  juga menyoroti kebijakan pemerintah dalam mewajibkan usaha kecil dalam pembuatan Nomor Pokok Wajib Pajak. Hal ini tentu akan cukup merepotkan bagi pelaku usaha kecil menengah (UKM).

“Kalau boleh usul, usaha kecil ini jangan dulu dibebani pajak. Mereka baru merintis usaha sudah kena pajak kan nanti tidak bisa berkembang. Nah harus ada aturan, yang meninjau berapa modal dari usaha ini,” katanya.

Lebih lanjut dirinya mendorong bagi penyandang disabilitas untuk bisa giat bekerja dan membangun usaha. Dia mengatakan, Pemkot siap memberikan fasilitas, baik berupa pelatihan dan pendampingan bagi mereka.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge