0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bahan Makanan Ini Sebabkan Sel Kanker Bertambah Banyak

Sel kanker. (dok: timlo.net/readerdigest. )

Timlo.net—Gula tidak hanya bisa menyebabkan kegemukan, para peneliti Belgia berkata bahan makanan itu bisa mendorong pertumbuhan sel kanker. Mereka melakukan penelitian selama sembilan tahun. Hasil penelitian diterbitkan dalam jurnal Nature Communications.

Dalam penelitian itu, para ilmuwan mengamati sel ragi. Mereka menemukan jika proses fermentasi sel ragi (yang mirip dengan sel kanker) menyebabkan sel ragi berkembang biak dan menyebar. Sel normal menggunakan oksigen untuk mengubah glukosa menjadi energi untuk tubuh. Sementara sel kanker memperoleh energi mereka dari gula yang terfermentasi. Fenomena ini disebut efek Warburg. Dalam penelitian terungkap gula membangkitkan sel-sel kanker yang ada. Dan memicu pertumbuhan kanker yang lebih cepat.

“Konsumsi gula yang hiperaktif dari sel kanker menyebabkan lingkaran setan dari terus berkembang dan bertumbuhnya kanker,” ujar pemimpin penelitian dan ahli biologi molekular serta profesor di Katholieke Universiteit Leuven Belgia Johan Thevelein dilansir oleh Reader Digest.

Penelitian sebelumnya menemukan jika perawatan kanker bisa memanfaatkan hal ini dengan terapi tertarget. Par peneliti belum menemukan jawaban kenapa sel kanker suka dengan gula. Tapi hasil penelitian bisa menolong para dokter mengembangkan strategi diet baru untuk para penderita kanker.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge