0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ratusan Warga Terserang Kretin dan Gondok, Ini Langkah Pemkab Wonogiri

Bupati Wonogiri Joko Sutopo (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Ratusan warga di Kecamatan Kismantoro menderita penyakit gondok dan kretin. Kondisi ini membuat produktifitas kerja mereka menurun kemudian terjebak dalam kemiskinan. Pemkab Wonogiri berencana memberikan perhatian lebih terhadap warga kecamatan tapal batas Jateng- Jatim tersebut.

“Dari data yang ada, setidaknya ada 127 warga kondisinya memprihatinkan di Kecamatan Kismantoro,” beber Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Jumat (20/10).

Menurut dia, beberapa waktu lalu Pemkab menggandeng sebuah perguruan tinggi melakukan studi terkait kandungan yodium dalam air tanan di kecamatan setempat. Bahkan, garam yang selama ini dikonsumsi warga pun dilakukan uji kelayakan.

“Sampel garam yang dibawa warga itu diteliti kandungan yodiumnya. Salah satu caranya dengan meneteskan cairan kimia. Kalau setelah ditetesi garamnya berubah warna jadi biru, berarti kandungan yodiumnya bagus. Tapi kalau tetap putih, berarti yodiumnya kurang,” terangnya.

Pihaknya berencana menggelontorkan bantuan pangan sebanyak 30 ton beras untuk warga miskin di Kecamatan Kismantoro. Saat menerima bantuan nanti, Bupati meminta warga penerima untuk membawa sedikit garam yang biasa mereka konsumsi sehari-hari.

“Warga yang rawan terkena gondok dan kretin ini, perlu mendapatkan pendampingan medis. Merk garam yang dikonsumsi harus mempunyai kandungan yodium yang cukup. Tujuannya agar mereka memperoleh standar kesehatan yang memadai,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge