0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Menteri Susi Jadikan Kapal Pencuri Ikan Jadi Museum

(Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengunjungi mural dirinya di kawasan Nonongan (timlo.net/heru gembul))

Timlo.net – Salah satu kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, adalah menenggelamkan kapal yang terbukti mencuri ikan di perairan Indonesia. Selama 3 tahun menjabat, Susi Pudjiastuti sudah menenggelamkan sebanyak 317 kapal asing. Saat ini, masih ada setidaknya 90 kapal yang tengah dipersiapkan untuk ditenggelamkan.

“Sampai bulan Agustus sudah ditenggelamkan 317 kapal. Yang siap ditenggelamkan ada 90 an,” kata Menteri Susi dalam jumpa pers yang digelar di kediamannya, Jalan Widya Chandra V Nomor 26, Jumat (20/10).

Meski demikian, Menteri Susi mengungkapkan tidak semua kapal asing yang tertangkap akan ditenggelamkan. Ada sebagian yang akan dijadikan objek wisata berupa museum kapal illegal fishing.

Kapal-kapal tersebut juga bisa menjadi wahana edukasi tentang ilegal fishing.

“Kita inginnya jadi museum berjalan dengan tulisan Illegal Fishing No More. Jadi terbuka seluruh mata Indonesia bagaimana kapal besar itu menggaruk dan membawa pergi sumber daya perikanan kita,” ujarnya.

Selain itu, Menteri Susi mengatakan cara itu bisa menjadi bukti bahwa Indonesia berhasil menumpas kapal asing pencuri ikan. Setidaknya ada 10 kapal asing yang tengah dipersiapkan untuk menjadi duta illegal fishing.

“Ada rencana kita 10 kapal mewakili berbagai negara supaya ada bukti kan nanti kalau semua ditenggelamin tak ada bukti. Nanti dikira Menteri Kelautan dan Perikanan dan satgas itu bohong-bohong saja. Kan kita ada buktinya nih kapalnya seperti ini,” jelas dia.

[bim]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge