0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Banyak Agenda, Setnov Mangkir Diperiksa KPK

Setya Novanto (merdeka.com)

Timlo.net – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) batal memeriksa Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto (Setnov). Pasalnya, yang bersangkutan tidak hadir dengan alasan sedang mengikuti acara kenegaraan. Setnov sedianya diperiksa sebagai saksi dalam sidang kasus korupsi proyek e-KTP dengan terdakwa Andi Agustinus alias Andi Narogong.

“Ada acara kenegaraan tadi pagi. Tapi enggak ada dengan Presiden enggak jadi,” kata Setya Novanto, Jumat (20/20).

Dia mengatakan, sudah membuat surat ketidakhadirannya sebagai saksi kepada majelis hakim.

“Saya sudah bikin surat kita maklum,” ujarnya.

Diketahui sebelumnya, Setya Novanto absen ketika dipanggil sebagai saksi dalam sidang Andi Narogong. Pemanggilan pertama dilakukan pada Senin (9/10). Setya Novanto saat itu sedang menjalani pemeriksaan di RS Premier Jatinegara, Jakarta Timur.

Sementara absennya Setnov dalam persidangan hari ini diketahui oleh KPK. KPK telah menerima surat pemberitahuan dari Ketua Umum Golkar itu terkait ketidakhadirannya.

Diketahui, saat ini Setnov tengah melakukan kegiatan politiknya di beberapa lokasi. Sekitar pukul 07.00 WIB, mantan tersangka korupsi e-KTP itu melakukan tabur bunga di makam pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

Siang harinya, di kantor DPP Golkar, Setnov beserta petinggi partai berlambang pohon Beringin itu melakukan kegiatan bakti sosial santunan 2.000 anak yatim. Pukul 15.00 WIB, dia beranjak ke Pondok Pesantren di Cirebon.

Kendati Setnov tidak hadir dalam persidangan, jaksa penuntut umum KPK menghadirkan sejumlah saksi lainnya. Satu diantaranya adalah pemilik showroom mobil, Sandra.

Pada persidangan tersebut, ketua majelis hakim John Halasan Butarbutar mendalami pembelian mobil oleh Dedi Priono, kakak Andi Narogong, sebanyak 23 kali pembelian. Disinyalir, pembelian mobil-mobil tersebut berasal dari hasil tindak pidana pencucian uang terkait proyek e-KTP senilai Rp 5,9 triliun.

[gil]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge