0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pendaftaran Calon PPK Tiga Kecamatan Diperpanjang

Komisioner KPU Karanganyar menggelar jumpa pers (dok.timlo.net/raymond)
Karanganyar — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar memperpanjang pendaftaran calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kecamatan Jatiyoso, Mojogedang dan Kebakkramat. Penyebabnya, jumlah pendaftar di tiga keamatan itu belum memenuhi kuota.

“Total pendaftar 232 untuk calon PPK. Terbanyak di Karanganyar kota, yakni 20 orang. Namun terdapat tiga kecamatan yang tidak memenuhi kuota pendaftar minimal 10 orang,” ujar Komisioner KPU karanganyar Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Budi Sukramto dalam konferensi pers Pemilihan Bupati dan Wabup Karanganyar 2018, Kamis (19/10).

Dari semula pendaftaran ditutup tanggal 16 Oktober, KPU membuka kesempatan lagi khusus calon PPK tiga kecamatan itu sampai 20 Oktober. Diharapkan, kebutuhan minimal 10 orang pendaftar per kecamatan bisa terpenuhi. Rencananya, KPU akan mengumumkan pendaftar lolos seleksi administrasi pada Jumat (20/10) setelah pukul 16.00 WIB. Mereka yang lolos akan diikutkan ujian tertulis pada 22 Oktober. Finalnya berupa wawancara untuk menyaring lima terbaik.

Budi mengatakan, perekrutan PPK menjadi tahap paling penting pembentukan badan penyelenggara pemilu. Mereka bertanggung jawab dalam menjalankan koordinasi antara KPU kabupaten sampai ke desa.

“Pelantikan PPK pada 1 November 2017. Selanjutnya, PPK merekrut anggota PPS yang akan mulai bekerja pada tahapan pemutakhiran data pemilih pada Desember mendatang,” katanya.

Budi mengatakan belum menerima instruksi dari KPU pusat perihal kelanjutan tugas mereka di pileg 2019. Kemungkinan dilanjutkan masa tugasnya atau bisa jadi KPU membuka perektutan baru.

Ketua KPU Karanganyar, Sri Handoko Budi Nugroho menambahkan, anggota PPS maupun PPK bermasa kerja sembilan bulan terhitung mulai November 2017. 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge