0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

UPT Museum dapat Hibah Guci dan Kain Tenun Kuno  +

Penutupan pentas seni budaya bulan suro di museum keris (timlo.net/desmon)

Solo — Unit Pelaksana Teknis Museum mendapatkan hibah lima buah Guci antik dan lima lembar kain tenun kuno dari seorang kolektor asal Kota Pahlawan Surabaya. Pemberian tersebut dilakukan pada penutupan gelaran Suro Bulan Kebudayaan di halaman Museum Keris, Kamis (19/10) malam.

“Kami selalu membuka diri, terhadap masyarakat yang ingin menghibahkan atau meminjamkan koleksi pusaka mereka, untuk dipertontonkan dan di pelajari di Museum Keris,” papar Kepala UPT Museum, Bambang M Budi Santoso, saat dijumpai Timlonet.

Sebagai balasan, UPT Museum menghadiahi pin berbentuk keris, kepada Sulaeman selaku pemberi hibah. Pin tersebut merupakan tanda bahwa Sulaeman merupakan mitra dari UPT Museum.

“Nantinya Guci ini akan kita pajang sebagai salah satu koleksi di Museum Keris. Sedangkan kain tenun kuno ini akan kita tempel di dinding.” Imbuh Bambang.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan, Kinkin Sultanul Hakim, dalam sambutan penutupan Suro Bulan Kebudayaan mengatakan, ingin agar Museum semakin bisa diterima di masyarakat. Museum juga harus bisa menjalankan fungsi edukasinya, dan bikan hanya sebagai ruang pajang.

“Museun harus bisa menjadi ruang kebudayaan, bukan hanya ruang pajang. Kedepan harapannya sesuai dengan tema kita yakni Museum di Hatiku, Museum di Hatimu, sehingga lebih diterima masyarakat luas,” kata dia.

Ditambahkan, pihaknya menargetkan jumlah pengunjung akan bertambah seiring dengan pertambahan koleksi. Berdasarkan data jumlah pengunjung, pada bulan pertama pembukaan Museum Keris tingkat kunjungan cukup tinggi yakni sekitar 4.000 orang. Sedangkan pada bulan berikutnya yakni September sejumlqh 1000 orang mengunjungi museum yang diresmikan Presiden Jokowi tersebut.

Acara tersebut dihadiri ratusan orang penggiat kebudayaan dan masyarakat umum. Dalam penutupan tersebut ada dua sajian teater tradisional dari Solo dan Sukoharjo.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge