0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Banyak Petani Belum Paham Fungsi Kartu Tani

Suasana pembagian kartu tani di Balai Desa Nguter (foto: Putra)

Sukoharjo – Sebanyak 119 petani Desa Nguter menerima Kartu Tani yang diserahkan secara simbolis oleh petugas Bank Rakyat Indonesia (BRI) cabang Nguter dan Babinsa Koramil Nguter. Kartu Tani tersebut berguna untuk mendapatkan pupuk bersubsidi sesuai jumlah lahan yang digarap.

“Sesuai data yang kami terima, Kartu Tani yang kita bagikan kepada para petani di Desa Nguter ini sebanyak 119. Nantinya petani tinggal membawa kartu ini untuk membeli pupuk bersubsidi kepada distributor yang sudah ditunjuk sesuai kebutuhan lahan yang digarap petani itu,” kata Babinsa Desa Nguter, Serda Triyono, Kiamis (19/10).

Pembagian Kartu tani dilaksanakan selama dua hari, Senin dan Kamis kepada 119 petani anggota gabungan Kelompok Tani Desa Nguter. Namun demikian, masih ada petani yang belum menerima kartu tani sebanyak 191 dijadwalkan menerima kartu tani pada hari Minggu besok.

Sementara itu pengakuan dari sejumlah petani menyebutkan ada sebagain besar petani yang tidak tahu bagaimana menggunakan kartu tani tersebut. Hal ini diakarenakan sebagian besar petani merupakan orang yang sudah tua dan saat dilakukan sosialisasi tidak benar-benar memahami apa yang disampaikan petugas.

“Sebagain besar penerima kartu tani ini belum tahu bagaimana dan apa fungi dari kartu tani ini, karena mereka rata-rata sudah tua dan tidak berpendidikan tinggi. Sehingga meskipun sudah dilakukan sosialisasi, mereka tetap tidak paham. Ini menjadi PR kami dan harus kembali melakukan sosialisasi personal,” tandas pengurus Kelompok tani Sumber Makmur, Berlan.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge