0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Begini Awal Mula Kyai Pamot Disimpan Bupati Karanganyar

Jamasan keris pusaka Kyai Pamot di Rumah Dinas Bupati Karanganyar (dok.timlo.net/ist)

Karanganyar — Keris pusaka Kyai Pamot, peninggalan Sri Paduka Mangkunegara IV itu dititipkan ke rakyat Karanganyar pada tahun 1960-an oleh Raja Mangkunegara ke VII. Keris berusia ratusan tahun itu kini dijaga secara turun-temurun di rumah dinas bupati Karanganyar.

“Menjaga warisan leluruh merupakan bagian dari menghormatinya,” ujar Bupati Karanganyar, Juliyatmono kepada wartawan, usai jamasan Kyai Pamot, Senin (16/10 malam.

Terkait jamasan itu, ia memaknainya untuk merawat koleksi itu agar tetap terjaga. Dibutuhkan metode khusus yang hanya bisa dilakukan abdi dalem perawat pusaka Mangkunegaran.

Selama ia menjabat bupati, ritual jamasan Kyai Pamot tiap bulan Muharam akan terus dilakukan. Ia juga berpesan ke pejabat bupati periode selanjutnya untuk tetap melestarikan budaya itu.

Abdi Dalem Mangkunegaran, Lilik Priyarso mengatakan, Pura Mangkunegaran melakukan jamasan pusaka pada momentum sakral, yakni tiap Sura atau Muharam. Ia dan rombongan diperintahkan melakukan jamasan pusaka yang disimpan di luar tembok Pura Mangkunegaran Surakarta.

Terkait ritual itu, ia mengatakannya simbol meminta perlindungan kepada Tuhan Yang Maha Esa agar masyarakat Bumi Intanpari selalu diberi ketentraman, keselamatan dan kemakmuran. 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge