0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jalan Tegalgede-Matesih Ambles Gara-Gara Aktivitas Tambang Ilegal?

Pemasangan tanda pengaman di ruas jalan rawan ambrol (dok.timlo.net/ist)

Karanganyar — Longsor talud jalan di utara Dusun Supan, Kelurahan Tegalgede, Karanganyar Kota diduga akibat aktivitas penambangan sirtu liar. Fondasi labil mengakibatkan jalan alternatif penghubung Karanganyar Kota-Matesih itu ambles dan rawan ambrol.

“Bukan aliran air sugai yang menggerus fondasi jalan, sehingga longsor. Tapi material batu di bawah itu sengaja diambil warga. Penambangan ilegal sangat merugikan,” kata Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPU-PR) Karanganyar, Darmanto kepada Timlo.net, Rabu (19/10).

Kondisi tersebut persis sama seperti di jembatan Ngrawoh yang berada di timur ruas tersebut. Fondasinya labil karena material di sungai yang terletak dibawahnya diambil secara terus menerus oleh oknum tak bertanggung jawab.

Saat ini, pemasangan tanda waspada melintas di ruas jalan itu menjadi solusi sementara sebelum pemerintah memperbaiki. Hanya saja, perbaikan jalan tidak bisa dilakukan dalam waktu dekat. Diusulkan perbaikan jalan di 2018. Tidak bisa sekarang. Untuk sementara ditutup separuh dulu agar mengantisipasi ruas kritis nekat dilewati, katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge