0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Belasan Grup Beradu Piawai Mainkan Gending

(foto: Putra Kurniawan)

Sukoharjo – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggelar Festival Karawitan yang diikuti 18 peserta dari perwakilan 12 kecamatan di Pendopo Graha Satya Praja (GSP), Rabu (18/10). Festival yang rutin digelar setiap tahun ini mengambil tema seni Tradisi Sebagai Perekat Persatuan dan Kesatuan bangsa dengan memperebutkan hadiah total senilai Rp 50 juta lebih.

“Awalnya ada 20 peserta yang mendaftar, namun setelah registrasi ulang dua tim mengundurkan diri dan tinggal 18 peserta yang tampil. Setiap peserta memainkan tiga gending bebas dengan durasi 15 menit yang nantinya diambil enam terbaik untuk masuk grand final,” kata kabid Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Siti Laila, Rabu (18/10).

Festival Karawitan ini merupakan agenda rutin tahunan yang bertujuan untuk melestarikan salah satu budaya jawa. Sebagai stimulan, seluruh peserta mendapatkan uang pembinaan Rp 2 juta atas upaya melestarikan karawitan, dan bagi juara I mendapat Rp 10 juta, II Rp 7 juta dan III Rp 5 juta.

Dan bagi pemenang festival karawitan ini akan mewakili Kabupaten Sukoharjo tampil di Taman Mini Indonesia Indah pada awal Bulan November. Diharapkan dengan even ini kesenian dan budaya karawitan khususnya bisa kembali eksis dan menjadi salah satu ikon Kabupaten Sukoharjo.

“Tentu kita semua baik dari pemerintah maupun masyarakat harus selalu menjaga warisan tradisi leluhur kita salah satunya adalah karawitan. Maka dari itu agenda ini selalu kita adakan setiap tahunnya,” tandasnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge