0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Harga Cabai Selalu Naik Turun? Ini Penyebabnya

Pedagang cabai (merdeka.com)

Timlo.net – Harga cabai dalam lima tahun terakhir cenderung meningkat. Penyebabnya karena ketidaksinkronan dari pola tanam sehingga pada waktu-waktu tertentu terjadi kelangkaan cabai.

“Sehingga mengakibatkan harga cabai yang tinggi,” ujar Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan (Kemendag), Tjahya Widayanti, saat memberikan sambutan dalam acara Indofood Simposium Nasional dan Bedah Buku Cabai, di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (18/10).

Oleh karena itu, Kemendag berharap cabai bisa disimpan di mesin controlled atmosphere storage (CAS). Dengan begitu, harga cabai stabil karena pasokan dapat diatur dan cabai bisa disimpan pada saat panen.

“Saya berharap dengan adanya teknologi penyimpanan controlled atmosphere storage (CAS) harga cabai bisa stabil karena pasokan cabai bisa diatur dan cabai itu disimpan pada saat panen,” tuturnya.

Dia mengatakan, berdasarkan data yang dikumpulkan dari seluruh dinas provinsi di Indonesia, rata-rata nasional harga cabai merah besar sekitar Rp 42.950 dan cabai rawit merah di kisaran Rp 33.480 per kilogram (Kg).

Sedangkan cabai merah keriting, lanjutnya, mengalami kenaikan harga sekitar 6 persen dibandingkan dengan bulan yang lalu. “Bahkan cenderung mengalami penurunan sekitar 8 persen-16 persen itu untuk kedua jenis cabai itu,” katanya.

[bim]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge