0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jalur Sepeda Jadi Solusi Kepadatan Lalu Lintas?

Jl Slamet Riyadi Solo (dok.yimlo.net/red)

Solo – Jalur khusus pesepeda dinilai kalangan legislatif Kota Solo penting untuk disediakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Solo. Pasalnya, Solo merupakan kota yang kecil dan sepeda sangat cocok jika digunakan untuk melakukan aktivitas harian semisal pulang-pergi ke kantor.

“Kalau saya melihat, Solo ini bukanlah kota yang besar kok. Jika melakukan aktivitas sebatas pulang-pergi ke kantor dengan menaiki sepeda masih bisa untuk dilakukan,” terang Wakil Komisi III DPRD Kota Solo, Sugeng Riyanto saat dihubungi Timlo.net, Rabu (18/10).

Akan tetapi, kata Sugeng, sejauh ini Pemkot belum masih belum mengupayakan jalur untuk para pesepeda tersebut. Meski sudah diwacanakan, akan tetapi realisasinya masih jauh dari harapan.

Padahal, menurut Sugeng, dengan adanya jalur khusus sepeda yang disediakan tidak menutup kemungkinan warga akan beralih dari yang awalnya menggunakan sepeda motor menggunakan sepeda. Dengan begitu, kepadatan lalu lintas di sejumlah jalan raya dapat dikurangi lantaran sebagian warga beralih ke transportasi tersebut.

“Selain mengurangi angka polusi, juga mengurangi kepadatan di jalan utama Kota Solo. Khususnya di jam padat kendaraan lalu lintas,” terangnya.

Pihaknya berharap, Pemkot segera merealisasikan jalur khusus sepeda. Apalagi, jumlah warga masyarakat yang ingin menggunakan juga terus meningkat.

“Bisa dilihat dari antusiasme peserta Solo Last Friday Night yang makin meningkat saat ini,” katanya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge