0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

KPU Solo Segera Lakukan Verifikasi Administrasi

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo siap melakukan verifikasi administrasi setelah penutupan pendaftaran partai politik (parpol) peserta pemilu 2019 (foto: Khalik)

Solo – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo siap melakukan verifikasi administrasi setelah penutupan pendaftaran partai politik (parpol) peserta pemilu 2019. Verivikasi administrasi yang dilakukan, meliputi bukti kepemilikan KTP, KTA dan hingga kepengurusan parpol peserta pemilu.

“Kita akan lihat secara benar, apakah data tersebut sesuai atau tidak,” jelas Ketua KPU Kota Solo, Agus Sulistyo, Rabu (18/10).

Selain itu, pihaknya akan melakukan penelitian terhadap kegandaan anggota dalam satu parpol maupun juga antar parpol. Disamping itu, akan diteliti pula apakah anggota parpol tersebut dari unsur TNI, kepolisian ataupun Aparatur Sipil Negara (ASN) dan anggota berusia belum 17 tahun yang belum menikah.

Dari verifikasi administrasi ini jika ditemukan salah satunya maka akan diproses dalam tahap selanjutnya, yakni di verifikasi faktual.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solo siap melakukan verifikasi administrasi setelah penutupan pendaftaran partai politik (parpol) peserta pemilu 2019. (foto: Khalik)

“Akan dilihat juga mengenai kuota 30 persen untuk pengurus perempuan. Memang bukan kewajiban, tapi sifatnya memperhatikan,” tandasnya.

Seperti diketahui, KPU Kota Solo telah menutup pendaftaran parpol peserta Pemilu 2019 sejak Senin (16/10) kemarin. Sebanyak 15 parpol telah mendaftar dan 12 diantaranya telah dinyatakan lengkap memenuhi syarat pendaftaran pemilu 2019 mendatang.

Parpol yang telah dinyatakan lengkap tersebut diantaranya Partai PDI-Perjuangan, Perindo, PSI, PKS, Golkar, PPP, Partai Berkarya, Demokrat, Garuda, PAN, Gerindra, dan Nasdem. Sedangkan, tiga parpol lainnya yakni Hanura, PBB dan PKB diberikan tenggat waktu hingga tengah malam tadi.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge