0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dua Dosen ISI Solo Kolaborasi Art Wear Batik

Cia saat memdemonstrasikan body painting (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Dua dosen Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Seni Indonesia (ISI) Solo, Cia Syamsiar dan Nunuk Nursokiyah mengkolaborasikannya dengan art wear batik dalam pagelaran mini show body painting, di Hall Jurusan Seni Rupa Murni Kampus II FSRD ISI, Mojosongo, Jebres, Solo.

“Menciptakan sebuah riasan wajah yang polos dan bagian tubuh yang layak diekspose, tentu diperlukan kemampuan teknik dan kreativitas dari body painter dalam menciptakan karya,” ujar Cia kepada wartawan, di Kampus II FSRD ISI, Rabu (18/10).

Cia mengatakan, ketrampilan dengan menggunakan teknik body painting. Bisa memperkaya kemampuan seorang desainer ketika memamerkan karyanya. Selain itu, penerapan body painting bisa membuat penampilan sebuah pergelaran busana lebih hidup dan glamour.

Sementara itu pagelaran mini menampilkan dua karya kostum batik carnival dan empat busana batik yang terdiri atas busana batik klasik, glamour dan kasual. Keenam busana tersebut diperagakan oleh enam model dari  mahasiswa Prodi Batik FSRD. Penampilan mereka juga diperkaya beragam bidang elemen seni (seni lukis, batik, musik, tari  fotografi, dan film) sebagai media kolaborasi body painting.  Para model memeragakan baju desain mahasiswa Prodi Batik dan kemudian dirias dan dilukis tubuhnya.

“Selain memperindah penampilan, lukisan di tubuh juga mampu menghilangkan kesan seronok atau vulgar jika baju yang diperagakan bermodel minim,” kata Cia, dosen Seni Murni FSRD ISI Solo.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge