0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Perusahaan Makanan Jepang Ajarkan Siswa SMA Tumbuhkan Daging Untuk Dimakan

Budidaya daging buatan. (dok: timlo.net/ nextshark. )

Timlo.netStartup makanan di Jepang mengajari para siswa SMA membudidayakan daging untuk dimakan. Perusahaan bernama Integriculture itu didirikan ahli kimia Yuki Hanyu.  Didirikan pada Oktober 2015, perusahaan berbasis Tokyo itu menjadi perintis dalam sistem budi daya sel dengan medium berbiaya rendah. Integriculture membuat sebuah proyek bernama Proyek Shojinmeat yang mengajarkan anak SMA memproduksi daging buatan.

Proyek itu diambil dari nama “shojin ryori” yaitu makanan vegetarian untuk penganut Zen. “Shojin berarti bakti kepada jalan: tanpa kekerasan, jalan tengah, harmoni dan semua hal itu. Pesan kami adalah kerusakan lingkungan yang terus berlangsung dan semua perilaku yang tidak berkelanjutan tidak sesuai dengan jalan ini,” terangnya kepada New Harvest.

Menurut Quartz, para siswa yang berpartisipasi dengan proyek itu bisa mengambil sel binatang dan menumbuhkannya pada medium yang disediakan. Proses penumbuhan ini bisa dilakukan di rumah siswa.

“Pada dasarnya Anda mengambil seekor binatang, memperoleh sel binatang itu, bisa ayam, daging sapi, daging babi—apapun. Anda tidak perlu membunuh binatang itu. Anda mengambil beberapa sel dan lalu Anda menaruhnya dalam medium budi daya dan menumbuhkan sel itu dalam medium itu. Dan pada akhirnya Anda memperoleh sekelompok sel, yang pada dasarnya adalah daging,” terang Yuki kepada Disrupting Japan.

Walaupun berupa proyek ilmiah untuk siswa SMA, inti dari proyek itu adalah menyediakan daging yang bersih kepada masyarakat. Yuki berharap mereka memperoleh masukan yang bernilai dari proyek itu. Masukan itu akan mereka gunakan untuk menciptakan produk yang lebih baik di masa mendatang.

Lantas bagaimana rasa daging yang ditumbuhkan di laboratorium itu? Yuki menerangkan rasa daging yang berasal dari sel ayam. “Well, saat kami memasaknya, rasanya seperti ayam goreng KFC,” jelas Yuki.

 

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge