0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lengkapi Administrasi, KPU Beri Perpanjangan Satu Hari

Komisioner KPU Sragen menerima pendaftaran parpol (timlo.net/agung widodo)

Sragen – Sebanyak 16 partai politik (Parpol) telah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen. Dari jumlah tersebut lima diantaranya merupakan parpol baru yang baru pertama kali mendaftar sebagai peserta pemilu. KPU memberikan perpanjangan waktu 1×24 jam bagi parpol yang belum melengkapi kekurangan administrasi.

“Ini ada perpanjangan waktu 1×24 jam bagi parpol yang masih ada kekurangan administrasi, namun sudah memenuhi syarat dukugan di Sipol. Mereka kita terima dan harus melengkapi sampai nanti pukul 24.00 WIB,” kata Komisioner KPU Sragen Divisi Hukum, Diyah Nur Widowati, Selasa (17/10).

Diyah menyampaikan, hingga Senin (16/10) malam pukul 24.00 WIB telah terdapat 16 parpol yang mendaftar ke KPU Sragen. Jumlah tersebut meliputi 11 partai lama dan lima partai baru. Parpol baru tersebut yaitu Perindo, Partai Republik, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Berkarya dan Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda).

Sedangkan partai lama meliputi, PDIP, Golkar, PPP, PKS, PAN, Demokrat, Gerindra, Hanura, PKB, PBB dan Nasdem. Sedangkan satu parpol yaitu Partai Indonesia Kerja (PIKA) dinyatakan tidak lolos di KPU Sragen lantaran tidak memenuhi syarat dukungan.

Terkait perpanjangan waktu, jelas Diyah, KPU Pusat melakukan perpanjangan waktu penyerahan berkas persyaratan parpol pada Selasa ini mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB. Kebijakan tersebut berlaku bagi parpol yang sudah memenuhi syarat dukungan, namun administrasinya belum lengkap.

“Tapi kalau batas waktu selesai tidak mengumpulkan, ya sudah kita lanjutkan tahapan selanjutnya,” jelasnya.

Dia menambahkan, dari 16 parpol yang mendaftar, ada dua yang belum lengkap syarat administrasinya, Partai Berkarya sama Nasdem. Pihaknya mulai 17 Oktober ini sampai 15 November mendatang bakal melakukan tahapan selanjutnya, verifikasi administrasi syarat dukungan.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge