0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Empat Kecamatan Ini Belum Bisa Layani KIA, Mengapa?

Ilustrasi Kartu Identitas Anak (KIA) (dok.timlo.net/gg)

Sukoharjo — Mulai awal bulan Oktober ini pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) bisa dilakukan di kecamatan masing-masing dan tidak harus ke Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). Namun dari 12 kecamatan di Kabupaten Sukoharjo, empat kecamatan yang memiliki jumlah warga paling padat justru belum bisa dilakukan karena masih dilakukan perbaikan jaringan.

“Sementara ini ada empat kecamatan yang belum bisa dilakukan pembuatan KIA, yakni di Kecamatan Sukoharjo, Baki, Grogol dan Kartasura. Kita harapkan perbaikan segra selesai dan awal bulan depan sudah bisa difungsikan untuk pembuatan KIA,” kata Kabid Pelayanan Pendaftaran Disdukcapil Sukoharjo, Surasa, Selasa (17/10).

Pembuata KIA di tingkat kecamatan melalui mekanisme sinkronisasi dengan data yang ada di Kantor Disdukcapil sehingga harus terkoneksi. Dan untuk saat ini, masih ada kendala jaringan yang belum terkoneksi dengan baik, dan perlalatan untuk produksi KIA belum dikirim ke empat kecamatan tersebut.

Sementara itu, hingga Bulan Oktober 2017, Kantor Disdukcapil Sukoharjo telah menerbitkan 10.144 KIA melalui pelayanan di kecamatan maupun di kabupaten. Dengan adanya pelayanan KIA di tingkat kecamatan, diharapkan mampu mengurangi antrian panjang yang selama ini terjadi di Disdukcapil.

“Alatnya mesin percetakan blangko KIA dan alat scan sudah siap semua dan tinggal didistribusikan ke empat kecamatan tersebut, menunggu di sana sudah siap. Dan di kecamatan, sedikitnya ada 100 antrian pembuatan KIA, sehingga sedikit mengurangi jumlah antrian di sini,” tandasnya.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge