0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Program Exploit Ini Bisa Bobol Keamanan WiFi

ilustrasi (merdeka.com)

Timlo.net—Para peneliti telah menemukan sebuah exploit baru disebut KRACK. Exploit adalah program jahat yang diciptakan untuk memanfaatkan kelemahan sistem komputer untuk menanamkan malware. KRACK bisa memanfaatkan kelemahan pada keamanan WiFi. Hasilnya penyerang bisa menyadap lalu lintas antar perangkat dan wireless access points (wap).

“Jika perangkat Anda mendukung WiFi, maka kemungkinan besar perangkat itu terkena,” ujar para peneliti dilansir dari Ubergizmo. KRACK memanfaatkan beberapa kelemahan manajemen kunci pada protokol keamanan WPA2. Protokol itu adalah skema otentifikasi paling populer yang digunakan untuk melindungi jaringan WiFi pribadi dan perusahaan.

Mereka menunjukkan jika 41 persen perangkat Android di luar sana rawan terhadap exploit WiFi itu. Semua perangkat WiFi lainnya juga rawan terkena hingga pada tahap tertentu. Para penyeran bisa menggunakan exploit untuk menjalankan kode jahat pada perangkat dan mencuri data saat berada dalam jangkauan.

Akan tetapi, hingga saat ini belum ada laporan jika kelemahan WiFi ini digunakan oleh para hacker. Para peneliti berkata jika semua WiFi client dan access point harus diupdate keamanannya. Para peneliti akan secara resmi mempresentasikan temuan mereka pada 1 November dalam konferensi keamanan di Texas, Amerika Serikat.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge