0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Waduh, Ternak Milik Pengungsi Gunung Agung Kekurangan Pakan

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri (merdeka.com)

Timlo.net — Tim Kesiapsiagaan Darurat dalam misi penyelamatan ternak, mencatat lebih dari 12 ribu ternak masih berada di desa rawan bencana Gunung Agung Karangasem, Bali. Warga yang mau mengungsikan ternaknya tercatat sudah dievakuasi sebanyak 6.459 ekor, terdiri dari 5.718 ekor sapi, 534 ekor kambing, dan 207 ekor babi.

Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri mengatakan, tempat penampungan ternak dari para pengungsi sampai saat ini berjumlah 43 titik yang tersebar di 7 kabupaten di Bali.

Dirinya menyadari kesulitan mengevakuasi seluruh ternak warga yang tinggal di zona rawan bencana gunung Agung. Hal itu lantaran warga enggan untuk mengevakuasi ternaknya.

Ayu menambahkan, dengan jumlah ternak yang sudah dievakuasi saat ini, kendala yang dihadapi adalah kurangnya pakan ternak. Terlebih wilayah yang harus dievakuasi cukup luas serta populasi ternak yang terevakuasi semakin meningkat.

“Kami berharap peran serta masyarakat dan pihak swasta dalam membantu kondisi yang terjadi saat ini. Sumbangan tidak hanya kebutuhan logistik para pengungsi tetapi juga masalah pakan ternak,” terangnya saat berada di salah satu titik penitipan ternak, Senin (16/10) di Karangasem.

Diakuinya beberapa perusahaan pakan ternak telah banyak memberikan bantuan. Teranyar kata dia dari pihak PT Charoen Pokphand Indonesia sebagai salah satu perusahaan penyedia pakan ternak. Perusahaan ini telah memberikan bantuan pada tahap pertama sebanyak 50 ton pakan konsentrat dan 3 unit truk untuk proses evakuasi ternak.

Senin (16/10) siang, PT Charoen Pokphand Indonesia memberikan bantuan berupa Pakan Hijau Ternak (PHT) sebagai campuran pakan konsentrat.

Bantuan berupa 33 ton PHT diserahkan langsung oleh IGN Alit, Government Relation Charoen Pokphand Indonesia, kepada Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri yang disaksikan oleh I Ketut Nata Kusuma selaku Ketua Satuan Tugas (Satgas) Peternakan dan Kesehatan Hewan di Posko Komando Tanah Ampo Karangasem.

Usai penerima bantuan ini, Bupati Mas langsung menuju ke lokasi peternakan serambi menyapa warga dan memberikan langsung pakan ternak hijau ke sejumlah hewan sapi yang ditampung di penitipan ternak di dusun Samuh Desa Bugbug, Karangasem Bali.

[bal]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge