0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Dosen Poltekkes Semarang Raih Doktor Hukum UMS

Ta'adi saat ujian doktor (dok.timlo.net/tyo eka)

Sukoharjo — Ta’adi SKp Ns MHKes, dosen Poltekkes Kemenkes Semarang meraih gelar Doktor Ilmu Hukum ke-9 Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Ia dinyatakan lulus setelah berhasil mempertahankan disertasinya dalam Sidang Ujian Terbuka Doktor yang dipimpin Rektor UMS Dr Sofyan Anief MSi, di Gedung Pascasarjana, Kampus UMS, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Senin (16/10).

“Disertasi yang kami ajukan berjudul Hukum Kesehatan Berbasis PadavKeadilan: Studi Keadilan Berdasar pada Kesetaraan Profesi yang Berlandaskan Keadilan Sosial,” ungkap Ta’adi.
Ta’adi mengemukakan, hukum kesehatan di Indonesia, sesungguhnya dalam beberapa hal sudah mencerminkan nilai keadilan, akan tetapi dalam penelitiannya ditemukan beberapa ketentuan yang belum sepenuhnya mencerminkan nilai-nilai keadilan, beberapa dimensi nilai keadilan yang belum tercermin tersebut diantaranya adalah terkait nilai distribusi hak dan kewajiban yang belum berimbang, kemanfaatan dan beban yang sama pada setiap orang, kesepakatan yang fair dari prosedur yang tidak memihak, belum terjaminnya kepentingan semua pihak sebagaimana sarat hukum sebagai hukum yang berkeadilan.
Ia menyarankan, agar hukum kesehatan mencerminkan nilai keadilan maka harus memenuhi nilai-nilai yang menjadi sarat terwujud keadilan itu sendiri, yaitu keadilan sebagai fairness, sehingga diperlukan kesepakatan yang fair pada semua pihak sebagai kunci keadilan diperoleh dari prosedur yang tidak memihak.
“Dalam proses penyusunan memenuhi keadilan prosedur murni, semua pihak harus berada pada posisi asali serta semua pihak tidak berkepentingan dan netral,” jelasnya.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge