0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Macet Parah di Jalur Tawangmangu

Aparat Satlantas dan Satgas NU membantu pengendara yang terjebak di lalu lintas Tawangmangu. (timlo.net/raymond)

Karanganyar — Aktivitas puluhan ribu partisipan apel akbar kesetiaan pada Pancasila menyebabkan lalu lintas jalur naik dan turun Tawangmangu lumpuh, Minggu (15/10). Kemacetan parah terlihat di semua rute utama maupun alternatif.

Pantauan Timlo.net, kepadatan mulai terasa sejak para peserta apel akbar melakukan registrasi ke panitia di hotel dan penginapannya, Sabtu (14/10) malam. Lalu lintas menjadi kian padat hingga Minggu (15/10) dini hari. Para partisipan diangkut menuju Camping Ground Tawangmangu menggunakan bus dan mobil. Situasi lalu lintas paling ruwet selepas digelar apel akbar, dimana kendaraan pengangkut mulai meninggalkan lokasi. Sedangkan sebagian lain baru menuju lokasi. Jalur dua arah di tanjakan curam dan turunan tajam penuh sesak.

”Kami berusaha semaksimal mungkin dengan mengatur arus naik dan turun. Kendaraan dari persimpangan cicoa ke Solo dialihkan ke jalur kampung alias jangan lewat jalur utama. Tiap ruas juga disiapkan petugas. Sebab, banyak yang kendaraannya bermasalah karena mesin terlalu panas,” kata Kapolsek Tawangmangu AKP Riyanto kepada Timlo.net.

Ketua Panitia Apel Kesetiaan pada Pancasila, Hudalloh Ridwan mengatakan pendaftaran partisipan ditutup Rabu (11/10). Dari situ dibatasi jumlah peserta apel akbar 25 ribu orang.

”Tapi meski sudah ditutup pendaftarannya. Ribuan masih terus masuk ke Taangmangu sampai jumlahnya 30-an ribu orang saat Apel. Bahkan setelah apel selesai, masih banyak juga rombongan berdatangan,” katanya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge