0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Elektronifikasi, Tak Ada PHK Karyawan Pengelola Tol

Gerbang tol salatiga (merdeka.com)

Timlo.net —  PT Jasa Marga (Persero) tidak akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap para karyawan akibat adanya elektronifikasi jalan tol. Saat ini, karyawan Jasa Marga berjumlah 4.000 yang tersebar di seluruh cabang.

“Pegawai Jasa Marga ada 4.000 orang seluruh karyawannya. Sebagaimana komitmen dari direksi kami tidak ada PHK,” ungkap Vice President Operation Management PT Jasa Marga (Persero) tbk, Raddy R Lukman, Minggu (15/10).

Raddy menjelaskan, dari 4.000 karyawan, 1.350 karyawan akan dialihfungsikan mengisi tugas pegawai yang nanti pensiun.

“Sebenarnya kalau misalkan 1.350 orang di tahap pertama ini, misalkan akan ada 577 tapi bukan dihilangkan tapi dialihfungsikan,” jelasnya.

Selain mengisi posisi karyawan yang pensiun, sebagian karyawan akan ditugaskan di layanan lalu lintas gerbang tol, sebagai petugas informasi serta petugas layanan terpadu.

Sementara itu, Legal and corporate service PT Lintas Marga Sedaya (LMS), Justinus Wisnu Dewanto mengatakan hal yang sama yaitu tidak akan melakukan PHK terhadap karyawan. Menurutnya, para karyawan LMS akan bekerja seperti biasa karena untuk ruas tol Cipali tidak ada GTO.

“Karyawan kami akan bekerja tetapi di dalam gardu akan melakukan klasifikasi jenis kendaraan apakah golongan 1, golongan 2, golongan 3 dan seterusnya. Pengalihan-pengalihan fungsi pun akan dilakukan jika dirasa perlu. Tidak ada PHK kami pastikan,” tegasnya.

Begitu juga dengan PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk dan PT Marga Mandalasakti tidak akan melakukan PHK terhadap karyawannya.

Kepala Departemen Komunikasi Korporat PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP), Solahudin mengatakan, pihaknya juga akan mengalihfungsikan karyawan ke tugas yang lainnya.

“Sama seperti Jasa Marga kami alihfungsikan. Jadi tol itu meski ada elektronifikasi bukan berati tidak ada orang. Masih ada beberapa petugas yang difungsikan pengawasan,” jelas Solahudin.

“Dari kami MMD yang merupakan bagian dari Astra Infrarute kami mempunyai kebijakan tidak melakukan PHK,” kata Deputy Director Operation PT Marga Mandalasakti, Adhi Resza.

[sau]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge