0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dikritik, Banyak Keanggotaan Komite Sekolah Bersifat Abadi

Suasana sosialisasi Permendikbud 75 Tahun 2016 (foto: Tyo Eka)

Solo – Dewan Pendidikan Kota Surakarta (DPKS) menyosialisasikan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 75 Tahun 2016 Tentang Komite Sekolah di depan Ketua Komite Sekolah dan Kepala Sekolah SMP/MTs se-kota Surakarta, di Kantor Dinas Pendidikan (Disdik) kota Surakarta, Sabtu (14/10).

“Sosialisasi dilakukan, bertujuan agar Permendikbud 75 Tahun 2016 tersebut segera dilaksanakan di pendidikan. Karena penataan Komite Sekolah pada bulan Desember 2017 nanti sudah selesai sesuai deadline,” ungkap Ketua DPKS Drs. Joko Riyanto, SH, MM kepada wartawan seusai pelaksanaan sosialisasi.

Ketua DPKS mengemukakan, masih banyak Komite Sekolah hingga saat ini yang keanggotaannya bersifat abadi, dan belum melaksanakan tupoksi dengan berbagai alasan. Kondisi demikian sebetulnya bukan keinginan dari warga yang dipercaya menjadi Komite Sekolah, tetapi kemungkinan besar juga dari Kepala Sekolah yang merasakan Komite tersebut sebagai mitra telah dapat bekerja sama dengan sekolah secara baik dalam memajukan sekolah.

“Posisi Komite Sekolah sangat strategis, untuk penyambung tangan pemerintah di bidang pendidikan, khususnya sebagai kontrol kualitas pendidikan,”ujarnya.

Selain sosialisasi Permendikbud tersebut, kata Joko, juga penguatan kurikulum 2013. Perlunya penguatan, karena semua sekolah pada tahun 2019 sudah menggunakan Kurikulum 2013.

“Artinya baik Komite Sekolah Maupun Kepala Sekolah agar segera mensosialisasikan Kurikulum 2013 sejak dini, jangan sampai masa persiapan untuk pelaksanaan kurikulum habis,” ujarnya.

Pada kesempatan sosialisasi kali ini, menurut Ketua DPKS, juga disampaikan tentang perihal Saber Pungli atau Sapu Bersih Pungutan Liar dari Kepolisian. Tujuannya agar para Kepala Sekolah lebih berhati-hati dan tidak melanggar aturan tentang Pungutan Liar.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge