0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

UMS Ditunjuk Jadi Penyelenggara Program PPG

Sukoharjo – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) ditetapkan sebagai salah satu perguruan tinggi penyelenggara Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan diantara 45 perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia. Diantara 45 perguruan tinggi yang ditunjuk dan ditetapkan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek dan Dikti) adalah Universitas Sebelas Maret, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Medan, Universitas Negeri Gorontalo dan sebagainya.

“Penetapan itu melalui Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 280/M/KPT/2017 Tentang Perguruan Tinggi Penyelenggara Program Pendidikan Profesi Guru,” ungkap Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMS, Prof Dr. Harun Joko Prayitno kepada wartawan, di Rektorat UMS, Sukoharjo, Sabtu (14/10).

Keputusan Kemenrisetdikti nomor 280/M/KPT/2017 yang ditandatangani oleh Menteri Ristekdikti Mohammad Nasir tanggal 26 September 2017, menurut Harun, merupakan dasar UMS melaunching program PPG Prajabatan Bersubdi di UMS.

Harun mengemukakan, pada 2017 ini, jumlah peserta yang dinyatakan lolos seleksi dan diterima oleh tim pusat Kementerian Ristek dan Dikti tercatat ada 4.661 orang. Mereka terbagi kedalam dua kelompok berdasarkan periode awal dimulai kegiatan perkuliahan.

Kelompok I, berjumlah 1.000 orang peserta dengan awal kegiatan perkuliahan pada tanggal 16 Oktober 2017. Kelompok II, berjumlah 3.661 peserta dengan awal kegiatan perkuliahan pada bulan Februari 2018.

“Namun demikian, siapa peserta dimana mereka mengikuti perkuliah di perguruan tinggi mana ditentukan oleh Kemenristekdikti. Artinya, UMS hanya semata-mata sebagai penyelenggara program PPG,” jelas Harun.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge