0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

BPJS Kesehatan Bidik Kepesertaan dari Mahasiswa

Kepala BPJS Kesehatan Solo Agus Purwono (dua dari kanan) saat bersalaman dengan perwakilan dari UMS di sela program Goes To Campus (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo — Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan jalin kerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) untuk menyukseskan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), Sabtu (14/10). Dengan adanya kerjasama tersebut, diharapkan mampu meningkatkan kesadaran dan kepesertaan dari kalangan mahasiswa.

“Kerjasama ini sebagai upaya kita untuk ikut merealisasikan program universal health coverage pada 2019,” ujar Dekan Fakultas Kesehatan UMS, EM Sutrisna kepada wartawan.
Dengan adanya kerjasama itu, menurutnya mulai tahun ini seluruh mahasiswa baru UMS wajib terdaftar dalam program JKN-KIS. Sementara untuk mahasiswa yang sudah lama akan dilakukan verifikasi, dan diberikan pilihan opsi bagi yang ingin memanfaatkan.
“Untuk teknis pembayarannya nanti bisa dimasukan sepaket dengan pembayaran SKS. Namun bagi yang sudah terdaftar menjadi peserta, hanya kita lakukan verifikasi saja,” jelasnya.
Dari data yang tercatat,  ia menyampaikan jumlah mahasiswa baru yang terdaftar di UMS ada sekitar 7 ribu, sedangkan total mahasiswa aktif ada sekitar 30 ribuan.
Kepala BPJS Kesehatan Kota Solo Agus Purwono dalam kesempatan itu menambahkan, kerjasama dengan UMS tersebut merupakan rangakaian dari program Goes To Campus yang digelar BPJS Kesehatan secara nasional. Untuk Solo sendiri, sebelumnya kegiatan serupa juga pernah dilakukan di Universitas Sebelas Maret (UNS).
“UMS ini merupakan perguruan tinggi swasta yang pertama bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Dan kedepan, upaya kerjasama dengan lembaga perguruan tinggi baik swasta maupun negeri akan terus kita lakukan,” tandasnya.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge