0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tunggu, Megawati Besok Umumkan Cagub-Cawagub Jatim

Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah memiliki pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur di Jawa Timur. Namun, nama pasangan itu masih berada di dalam kantong sang Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

Rencananya, PDIP bakal mengumumkan cagub dan cawagub Jatim pada 15 Oktober. Partai berlambang banteng itu masih menutup rapat-rapat nama yang akan diusung jadi calon orang nomor satu di Jawa Timur itu.

“Acara pengumuman pasangan calon akan dipimpin langsung oleh Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Ibu Megawati Soekarnoputri. Beliau akan langsung mengumumkan nama-nama pasangan calon untuk pilkada di kedua provinsi tersebut. Acara akan digelar pada hari Minggu, 15 Oktober pukul 09.30 WIB di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jalan Diponegoro 58, Menteng, Jakarta Pusat,” kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam siaran persnya, Jumat (13/10).

Sederet nama kuat yang bakal dapat rekomendasi dari PDIP sempat mencuat. Di antaranya, Saifullah Yusuf alias Gus Ipul, Tri Rismaharini dan Azwar Anas. Namun, nama-nama itu masih sebatas wacana.

Hasto mengatakan, bagi PDI Perjuangan, kepemimpinan kepala daerah dan wakil kepala daerah ditempatkan sebagai satu kesatuan kepemimpinan yang solid, teruji, dan berpengalaman, suatu kepemimpinan yang menyatukan. PDI Perjuangan juga menekankan, pentingnya kepemimpinan yang menempatkan rakyat sebagai sumber inspirasi.

“Kepemimpinan yang tidak hanya menyelesaikan masalah rakyat, namun juga meletakkan masa depan yang lebih baik hingga terciptalah suatu susunan masyarakat yang bahagia lahir dan batin, dan memiliki daya juang demi Indonesia yang lebih berdaulat, berdikari, dan berkebudayaan,” beber Hasto.

Sementara itu, PKB telah memberikan sinyal kuat dukungan PDIP. PKB sendiri telah memutuskan mengusung Gus Ipul maju di Pilgub Jatim. PKB telah menyerahkan sepenuhnya pasangan Gus Ipul kepada PDIP.

Sekjen PKB Abdul Kadir Karding pun mengakui bahwa komunikasi antara partainya dengan PDIP tengah intens.

Namun, Karding mengaku tidak mengetahui nama-nama yang bakal diduetkan Gus Ipul sapaan akrab Saifullah. Karena, dia menyerahkan sepenuhnya kepada partai besutan Megawati Soekarnoputri itu.

“PKB lagi intens sama PDIP. Kami pasrahkan seluruh wakilnya itu ke PDIP saja,” katanya di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (12/10).

“Saya tidak tahu, tapi terserah PDIP lah, entah Bu Risma (Tri Rismaharini) entah Pak Anas (Abdullah Azwar Anas), siapa lagi calon-calonnya,” tegasnya.

Meski sudah berkomunikasi intensif, partainya belum menjalin kesepakatan tertulis untuk bekerja sama di Pilgub Jawa Timur 2018.

Karding membantah kabar yang menyatakan PDIP akan mengusung Walikota Surabaya Tri Rismaharini atau Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa. “Saya belum dengar dan saya kira tidak betul,” tukasnya. [rnd]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge