0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

SMA Warga Workshop Pemanfaatan Kertas

Solo —  SMA Warga Surakarta, Fakultas Seni Rupa Desain, (FSRD) dan Institut Seni Ondonesia (ISI) Surakarta bekerja sama menggelar workshop pemanfaatan kertas di SMA Warga Solo, Jumat (13/10).

“Workshop kertas ini bertujuan memberikan wawasan pada siswa memaksimalkan pemanfaatan kertas,” jelas Kepala SMA Warga Purwoto kepada wartawan di sela-sela kegiatan.

Dalam workshop tersebut, kata Purwoto, selain membuat kertas daur ulang, siswa juga diajari membuat origami atau seni melipat kertas dari jepang.

Pada kesempatan itu, dosen Prodi Seni Murni FSRD ISI Surakarta Henry Cholis, MSn mengemukakan, pemanfaatan limbah kertas bisa dilakukan salah satunya dengan dibuat kertas daur ulang.

Menurut Henry, untuk membuat kertas daur ulang, terlebih dulu kertas digunting jadi serpihan lalu direndam air selama semalam. Setelah  itu kertas dihancurkan dengan cara diblender untuk dihasilkan menjadi pulp atau binur blender. Bubur kertas itu selanjutnya siap dicetak dengan saringan setelah bubur kertas dicampur air terlebih dulu.

Dalam kesempatan itu, kata Henry, siswa SMA Warga Solo diajak praktek langsung membuat kertas daur ulang.  Setelah dicetak dan dikeringkan dapat menghasilkan kertas yang menarik dan unik. Setelahnya kertas bisa dibuat berbagai kerajinan tangan.

“Kegiatan ini untuk mengenalkan medium kertas bisa menjadi media ekspresi serta diolah menjadi produk yang bernilai ekonomi dan artistik,” ujarnya.

Usai praktik membuat kertas daur ulang, Henry mengajarkan cara membuat origami. Siswa diajari berbagai teknik melipat kertas dengan beragam bentuk dari yang sederhana sampai yang rumit.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge