0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dicari Wajah Baru Calon PPK dan PPS

Warga mendaftar PPK di Kantor KPU Karanganyar (timlo.net/raymond)

Karanganyar — KPU Karanganyar memasang syarat khusus calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)  dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) , yakni bebas dari kepengurusan badan penyelenggara pemilu itu minimal dua periode sebelumnya. Cara ini bertujuan memberi kesempatan masyarakat ikut berkompetisi secara fair.

“Upaya meregenerasi anggota PPK dan PPS, agar tidak muncul adanya Badan Penyelenggara Pemilu abadi, karena personelnya selalu orang yang sama. Syarat ini merupakan regulasi dari KPU Pusat, setelah berkonsultasi dengan Komisi II DPR RI,” kata Komisioner KPU karanganyar Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Budi Sukramto kepada wartawan di sela kegiatan Sosialisasi dan Koordinasi Pembentukan PPK-PPS Bersama Lurah dan Kades se-Karanganyar di Hotel Tamansari, Kamis (12/10).

Saat mendaftar, pelamar wajib menyerahkan surat pernyataan belum pernah menjadi bagian di badan penyelenggara pemilu dua periode sebelumnya yaitu periode 2005-2009 dan 2010-2014.

Hasil perekrutan akan diumumkan di ruang publik agar mudah dibaca.  Masyarakat diberi waktu tertentu untuk menyampaikan sanggahan.

Dalam forum tersebut, KPU Karanganyar meminta camat, kades dan lurah untuk memahami keperluan pembentukan PPK dan PPS dan tahapan yang dimulai 12 Oktober-11 November 2017.

Di hari perdana pendaftaran PPK, Jumat (13/10), sejak pukul 10.00 WIB tampak mulai bergiliran warga antusias datang ke Kantor KPU Karanganyar untuk melakukan pendaftaran.

“Untuk formulir pendaftaran dapat diambil di kantor Kecamatan atau Kantor Desa masing-masing, atau juga bisa diunduh dari website KPU Karanganyar” ujarnya lagi.

Selama masa pendaftaran, KPU akan membuka stand pelayanan keperluan itu hingga pukul 16.00 WIB di hari kerja.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge