0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lawan Rentenir, OJK Siapkan Aplikasi untuk BPR 

Kepala OJK Solo, Laksono Dwionggo (setyo pujis)

Solo – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kota Solo dorong para pelaku Bank Perkreditan Rakyat (BPR) untuk berani melakukan inovasi pelayanan. Hal itu dilakukan agar mereka mampu bersaing, khususnya dalam melawan para rentenir yang kian marak di tengah masyarakat.

“Para pedagang di pasar dan UMKM itu soal bunga biasanya nomer sekian.Karena yang lebih penting bagi mereka adalah layanan yang cepat dan praktis,” ujar Kepala OJK Solo, Laksono Dwionggo kepada wartawan, Jumat (13/10).

Dari celah itu, menurutnya sangat wajar jika selama ini rentenir bisa tumbuh subur di tengah masyarakat. Karena selain cepat, tak sedikit para rentenir itu beroperasi hanya mengandalkan kepercayaan. Sehingga para calon nasabah tanpa perlu menyediakan agunan bagi yang membutuhkan pembiayaan.

“Untuk menyikapi itu, OJK sendiri sudah menyiapkan aplikasi pintar berbasis android. Sehingga nantinya BPR bisa memanfaatkan untuk membantu meningkatkan kecepatan dalam proses pencairan kredit kepada nasabah ,” jelasnya.

Kendati belum resmi diluncurkan, Laksono menyampaikan aplikasi yang telah disiapkan itu sudah diuji cobakan. Dan hasilnya luar biasa, karena aplikasi itu tidak hanya mampu menginput data, tapi juga sudah mampu menganalisa data nasabah. Sehingga proses pencairan kredit menjadi sangat singkat, atau paling lama membutuhkan waktu sekitar dua jam.

Hingga saat ini, lanjut dia dari 81 BPR di Soloraya yang sudah bergabung untuk menggunakan aplikasi itu baru sekitar 25 BPR. Dengan banyaknya keuntungan yang didapatkan, diharapkan semua BPR di Soloraya bisa ikut memanfaatkan aplikasi tersebut.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge