0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Usai Operasi Sikat Candi, Polisi Sebut Penjahat Makin Nekat

Para pelaku yang diamankan oleh polisi (foto: Khalik)

Solo – Tindak kejahatan dapat menimpa siapa saja. Tak hanya di jalanan semata, melainkan kewaspadaan dalam menjaga kepemilikan barang di rumah juga perlu ditingkatkan.

“Dari hasil operasi Sikat Candi 2017 ini, kita dapat ambil kesimpulan. Bahwa mereka makin nekat dalam menjalankan aksi kejahatannya,” terang Kapolresta Solo, AKBP Ribut Hari Wibowo didampingi Wakapolresta Solo, AKBP Andy Rifai, Jumat (13/10) siang.

Sebelumnya, belasan tersangka aksi kejahatan dengan modus pencurian dengan kekerasan (curas) dan pencurian dengan pemberatan (curat) digulung Jajaran Polresta Solo. Para tersangka ditangkap, saat menjalankan aksi kejahatannya di Kota Solo selama rentan waktu dua pekan terakhir.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan terhadap para tersangka, kebanyak motif mereka adalah ekonomi. Aksi yang dilakukan juga secara spontan. Ketika mengetahui barang atau korban lengah, mereka langsung beraksi.

“Semisal, di rumah tersebut ada motor tidak terkunci. Juga langsung disikat. Contoh lagi, saat melihat sasaran atau korban perempuan membawa tas cangklong, mereka langsung dibuntuti dan dirampas tas milik korban,” jelas Kapolresta.

Maka dari itu, lanjut perwira melati dua tersebut, pihaknya berpesan kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan agar tak menjadi korban kejahatan. Jangan sampai menciptakan kesempatan, yang membuat para pelaku kejahatan untuk beraksi.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge