0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Bank Indonesia Optimis Transaksi e-Tol Bisa Capai 100 Persen

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, (BI) Mirza Adityaswara (merdeka.com)

Timlo.net – Pembayaran non tunai jalan tol (e-tol) diklaim bisa mencapai 100 persen hingga 31 Oktober 2017. Hal ini dikarenakan, pengguna uang elektronik di jalan tol presentasenya semakin meningkat.

“Dan semakin meningkat persentase yang jalan tol yang sudah memakai kartu ya, juga sudah semakin baik. Jadi optimis bahwa tanggal 31 bisa aturan (nontunai diterapkan),” kata Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, (BI) Mirza Adityaswara di Jakarta, Jumat (13/10).

Meski demikian, lanjutnya, masih ada beberapa kendala yang harus dihadapi. Seperti penyesuaian beberapa aturan yang belum 100 persen.

“Intinya sih persiapannya inline ya, kerjasama dengan badan pengelola jalan tol dengan perbankan,” imbuhnya.

Selain itu, penyediaan kartu uang elektronik juga sudah ditingkatkan oleh masing-masing bank.

“Jadi mengenai penyediaan kartu (uang elektronik) juga terus meningkat ya kartu yang tersedia,” jelas dia.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyebut hingga September 2017 pembayaran non tunai jalan tol sudah mencapai 60 persen sesuai target.

“Beberapa ruas jalan tol sudah memberlakukan elektronifikasi sebelum 31 Oktober 2017 sesuai dengan Peraturan Menteri PUPR tentang Transaksi Tol Nontunai di Jalan Tol yang mewajibkan pada akhir September sudah ada 60 persen gerbang tol yang menerapkan transaksi elektronik,” kata Darmin di kantornya, Jakarta.

[azz]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge