0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Naik 5 Kali Lipat, Tarif Pajak Golongan C Tembus Rp 125 Ribu/Rit

Kepala BPKD Klaten, Sunarna (dua dari kanan) memimpin Rakor penertiban tarif pajak galian C (dok.timlo.net/awijaya)

Klaten — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten memberlakukan kenaikan tarif pajak angkutan material golongan C. Dari sebelumnya Rp 25 ribu per meter kubik atau rit, melonjak lima kali lipat menjadi Rp 125 ribu/rit.

“Mulai hari ini, 13 Oktober 2017, tarif pajak golongan C sudah berlaku Rp 125 ribu/rit,” kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Klaten, Sunarna, Jumat (13/10).

Dijelaskan, kenaikan tersebut sesuai surat keputusan (SK) No 545/233 tahun 2017 yang ditandatangani Pelaksana tugas (plt) Bupati. Hal itu berdasarkan SK Gubernur Jawa Tengah (Jateng) No. 543 tahun 2017 tentang Penetapan Harga Patokan Penjualan Mineral Bukan Logam dan Batuan (MBLB) atau golongan C.

Sebelum diberlakukan, Sunarna mengaku telah melakukan sosialisasi ke para pemegang izin usaha pertambangan (SIUP) di Klaten. Selain itu, pihaknya juga memasang spanduk serta selebaran di sejumlah lokasi penambangan di kawasan lereng Gunung Merapi, tepatnya di Kecamatan Kemalang.

“Sudah disosialisasikan jauh- jauh hari. Maka hari ini kami menerjunkan tim gabungan dari unsur penegak hukum maupun Perda untuk melakukan pengawasan 1 kali 24 jam. Yang jelas, semua ada dasar hukumnya,” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge