0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

UNS Gelar Arabic Fair, Ini Acaranya

UNS menggelar Arabic Fair (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo —  Himpunan Mahasiswa Program Studi (Prodi) Sastra Arab QIS’AR Universitas Sebelas Maret (UNS) kembali menggelar Arabic Fair. Kali ini berlangsung Kamis (12/10) hingga Minggu (15/10) di Kampus UNS, Kentingan Solo.

“Tema yang diketengahkan kali ini Kilau Karya Negeri Sahara,” jelas Ketua Prodi Sastra Arab UNS, Farkhan Mujahidin kepada wartawan, di sela-sela kegiatan, Jumat (13/10.

Arabic Fair, menurut Farkhan, merupakan salah satu program kerja tahunan bertaraf nasional yang telah dicanangkan dalam kepengurusan Himpunan Mahasiswa Program Studi Sastra Arab “QIS’AR’ Universitas Sebelas Maret Surakarta, tepatnya termasuk dalam salah satu bidang di dalamnya, yaitu bidang minat dan bakat. “Acara ini merupakan salah satu langkah QIS’AR untuk memfasilitasi mahasiswa dan juga pelajar guna menunjukkan serta mengembangkan kemampuan berbahasa arab melalui minat dan bakat,” jelasnya.

Pada Arabic Fair 2017, kata Farkhan, menggelar tiga kategori lomba, masing-masing kategori umum, kategori pelajar SMA/MA/sederajat dan kategori mahasiswa. Dalam kategori umum terdapat tiga cabang perlombaan, yaitu Arabic Voice, Hadrah, dan MQK (Musabaqah Qira’atul Kutub). Sedangkan untuk kategori pelajar SMA/MA/sederajat terdapat cabang perlombaan Kaligrafi, Pidato Arab, Puisi Arab, dan Story Telling. Dalam kategori mahasiswa terdapat cabang perlombaan Debat Arab, Istimla’ (Istima’ dan Imla’), serta Reporter Speech. Perlombaan akan diadakan di sekitar area Fakultas Ilmu Budaya dan Lembah Teknik.

Selain perlombaan, menurut Farkhan, terdapat serangkaian acara lainnya dalam Arabic Fair 2017, yaitu Bazaar, Talkshow, dan juga Bakti Sosial. Bazaar diadakan mulai tanggal 12 s/d 14 Oktober 2017. Bazaar ini terdiri dari dibukanya stand-stand berbagai produk makanan, minuman, buku, dsb di sekitar lokasi acara. Sedangkan talkshow diselenggarakan pada Sabtu, 14 Oktober 2017 di Auditorium UNS.

Setelah sukses mengundang Tere Liye pada Talkshow Arabic Fair tahun lalu, kata Farkhan, tahun ini penyelenggara menghadirkan pembicara yang tidak kalah kerennya, yaitu Hanum Salsabila Rais, dengan tema “Meniti Karya, Menyingkap Tabir Dunia”. Talkshow ini bertujuan untuk mengupas tuntas rahasia besar suksesnya Hanum atas karya-karyanya selama ini, dan mengupas akan manfaat yang luar biasa dari sebuah karya.

…………..

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge