0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Baru Dilantik, 36 Panwascam Dihadapkan Dua Tugas Berat

Sempat ditunda, 36 Panwascam di Sukoharjo akhirnya resmi dilantik (dok.timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten (Panwaskab) Sukoharjo melantik 36 anggota Panitia Pengawas kecamatan (Panwascam) setelah sempat ditunda dari rencana awal. Para anggota Panwascam ini akan dibebani dua tugas, yakni pengawasan Pilgub 2018 dan tahapan Pileg 2019.

“Sempat tertunda karena masa kerja Panwascam hanya sembilan bulan. Kalau dilantik pada rencana awal, maka saat pelaksanaan Pilgub masa kerja mereka sudah habis. Diharapkan Panwascam segera berkordinasi dengan pemangku kebijakan di kecamatan masing-masing,” kata anggota Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, Sri Sumanta, Jumat (13/10).

Para anggota Panwascam diminta segera melakukan perekrutan Petugas Pengawas Lapangan (PPL) di wilayahnya masing-masing, mengingat tahapan Pemilu sudah berjalan. PPL akan bertugas melakukan pengawasan seluruh aktivitas Pilgub maupun tahapan Pemilu di desanya masing-masing.

Selain bertugas melakukan pengawasan seluruh tahapan Pilgub 2018, para Panwascam dan PPL juga bertugas melakukan pengawasan terhadap tahapan Pemilu dan Pileg 2019. Saat ini tahapan Pemilu dan Pudah berjalan, sehingga Panwascam mulai hari ini langsung melakukan pengawasan hingga 9 bulan ke depan.

“Dasar hukumnya UU Pemilu no 7 tahun 2017 untuk mengawasi tahapan Pemilu, selain itu juga di UU Pilkada untuk mengawasi proses Pilgub 2018. Jadi ada dua dasar hukum bagi Panwascam dalam melaksanakan tugasnya melakukan pengawasan di wilayahnya masing-masing,” tandasnya.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge