0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tangkal ISIS, Indonesia, Malaysia dan Filipina Patroli Udara Bersama

Pesawat tempr F 16 milik TNI AU (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Trilateral Air Patrol (TAP) atau Patroli Udara Trilateral antara Malaysia, Indonesia dan Filipina diluncurkan di Pangkalan Udara Subang, Malaysia, Rabu.

Peluncuran dilakukan oleh Menteri Pertahanan Malaysia, Dato Seri Hishammuddin Hussein, Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Jenderal (Purn) Ryamizard Ryacudu serta Sekretaris Pertahanan Nasional Filipina, Delfin N Lorenzana.

Pada kesempatan tersebut Ryamizard Ryacudu didampingi Panglima TNI Jendral TNI Gatot Nurmantyo. Hadir juga Panglima Tentara Malaysia bersama kepala staf tiga angkatan negeri jiran itu.

Malaysia juga mengundang perwakilan Kementerian Pertahanan Brunei Darussalam dan Singapura.

Keberadaan TAP adalah tindak lanjut dari Trilateral Cooperative Arrangement (TCA) antara Malaysia, Indonesia dan Filipina.

TAP memberikan komponen pengawasan udara yang melengkapi aktifitas patroli laut. Trilateral Maritime Patrol atau Patroli Maritim Trilateral (TMP) telah diluncurkan Juni 2017 di Tarakan.

Tujuan TAP adalah melaksanakan patroli udara di kawasan perairan maritim yang menjadi kepentingan kepada ketiga negara dan memberi dukungan operasi kepada unit-unit maritim elemen laut.

TAP adalah salah satu inisiatif yang diambil untuk memperkuat keamanan dan kesiapan ruang udara dan pengawasan maritim.

Patroli ini juga bertujuan meningkatkan tahap keamanan di perairan timur Sabah melalui pelaksanaan patroli udara bersama tiga negara dan memantapkan keselamatan negara melalui kerja sama hubungan diplomatik tiga negara Malaysia, Indonesia dan Filipina.

“Implementasi TAP mengikuti peluncuran Patroli Maritim Trilateral Indomalphi (TMP) untuk memerangi kekerasan. TMP ditujukan untuk memastikan militan termasuk Negara Islam (IS) tidak akan menggunakan Laut Sulu untuk mengganggu ketiga negara dan juga untuk mengatasi pembajakan, penculikan dan perampokan bersenjata,” kata Hishamuddin. [ian]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge