0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ayam Mutan Dari Jepang Ini Bisa Cegah Kanker

Ayam mutan Jepang. (dok: timlo.net/ readerdigest. )

Timlo.net—Para peneliti The National Institute of Advanced Industrial Science and Technology (AIST) di Jepang baru-baru ini mengerjakan sebuah proyek. Dalam proyek itu mereka merekayasa gen ayam sehingga telurnya akan mengandung obat yang bisa melawan penyakit.

Menurut Phys.org, para peneliti akan menggunakan teknologi gene-editing untuk memutasi sel-sel pada ayam jantan. Dengan demikian ayam jantan itu akan menghasilkan lebih banyak interferon beta, sebuah protein yang memegang peranan penting dalam sistem kekebalan tubuh. Interferon beta dikenal bisa meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan kanker dan hepatitis.

Protein ayam dalam jumlah besar itu lalu akan diwariskan kepada generasi berikutnya secara genetika. Setelah beberapa kali menghasilkan keturunan, kehadiran interferon beta itu akan menjadi ciri dominan pada ayam. Para peneliti lantas bisa mengekstrak protein itu dari telur ayam. Saat ini produksi interferon beta mahal sekitar $250 hingga 900 (Rp 3,3 juta-12,1 juta) setiap beberapa mikrogram.

“Inilah hasil yang kami harapkan yang menghasilkan pengembangan obat murah,” ujar Profesor Hironobu Hojo dari Osaka University kepada The Japan News.

“Di masa mendatang, hal ini akan diperlukan untuk menguji dengan dekat karateristik agen yang terkandung dalam telur dan menentukan keamanannya untuk produk farmasi,” tambahnya.  Jadi menyembuhkan kanker memang tidaklah semudah memesan telur mutan ini. Tapi para peneliti berusaha keras untuk mewujudkan hal ini menjadi kenyataan.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge