0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lestarikan Kesenian, Para Kepala Sekolah Pentaskan Ketoprak

MKKS Klaten pentas ketoprak Malam Jumat Legen (dok.timlo.net/awijaya)

Klaten — Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Negeri/Swasta memeriahkan pentas ketoprak Malam Jumat Legen, di halaman Gedung Pandanaran Kompleks RSPD Klaten, Jumat (12/10). Hal itu sebagai bagian dari upaya melestarikan seni tradisional.

“Pentas ini melibatkan puluhan kepala sekolah, guru dan siswa sekolah negeri maupun swasta. Kita menampilkan lakon Damarwulan Winisuda,” kata Ketua MKKS Klaten, Budi Sasongko, kemarin.

Ketua Dewan Kesenian Klaten, FX Setyawan mengatakan, ketoprak Malam Jumat Legen merupakan salah satu upaya melestarikan dan mengembangkan seni tradisional di Klaten dengan menggandeng berbagai pihak.

“Upaya tri karsa budaya ngluhuraken (memperhatikan), nglestarike (melestarikan) dan ngrembake (mengembangkan) dilakukan dengan Nguripake, Ngurupake dan Ngirabake. Semua pihak yang ada di Klaten diharapkan turut serta melestarikan dan mengembangkan seni budaya yang ada di daerah setempat,” ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Klaten, Jaka Wiyono mengatakan, kesenian tradisional ketoprak merupakan budaya adiluhung yang sudah terkenal dan menyatu.Sehingga tidak bisa dipisahkan dengan masyarakat Jawa.

“Semua pihak yang hadir dalam pentas Ketoprak Jumat Legen ini diharapkan turut serta meluhurkan, melestarikan dan mengembangkan budaya tersebuit agar tidak hilang tergerus jaman,” katanya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge